Macam macam Air - Kanzul Ilmi

Macam macam Air


أُنْوَاعُ الْمِيَاهْ
MACAM-MACAM AIR

( المياه التي يجوز بها التطهير سبع مياه ماء السماء وماء البحر وماء النهر وماء البئروماء العين وماء الثلج وماء البرد )
 Air yang boleh digunakan dengannya untuk bersuci ada tujuh macam air : Air Hujan dan Air Laut dan Air Sungai dan Air Sumur dan Mata Air dan Air Salju dan Air Embun
الأصل في ماء السماء قوله تعالى { وينزل عليكم من السماء ماء ليطهركم به } وغيرها
Dasar hukum dalam menggunakan air hujan untuk bersuci adalah Firman-Nya Allah Ta'ala: “Dan Dia menurunkan kepada kalian air dari langit agar kalian bersuci dengannya”. Dan ayat yang lainnya.
وفي ماء البحر قوله صلى الله عليه وسلم لما سئل عن ماء البحر فقال ( هو الطهور ماؤه الحل ميتته)
Sedang dalil atau dasar hukum kebolehan bersuci dengan menggunakan air laut adalah sabda Nabi saw ketika beliau ditanya tentang hukum air laut, kemudian beliau menjawab: “bahwasannya air laut hukumnya suci dan halal bangkainya”.
وفي ماء البئر حديث سهل رضي الله عنه ( قالوا يا رسول الله إنك تتوضأ من بئر بضاعة وفيها ما ينجي الناس والحائض والجنب فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ( الماء طهور لا ينجسه شىء )
Dan dasar hukum dalam menggunakan air sumur adalah Hadits yang diriwayatkan dari Sahal ra : “Mereka (para sahabat) berkata: Wahai Rasulullah saw, sesungguhnya kamu berwudhu' menggunakan air sumur Budha'ah sedang di dalamnya ada kotoran orang yang cebok dan orang mandi haidl dan janabah, maka Rasulullah saw bersabda : “air itu suci mensucikan tidak ada yang menajiskan”.
وماء النهر وماء العين في معناه وأما ماء الثلج وماء البرد فالأصل فيه حديث أبي هريرة رضي الله تعالى عنه واسمه عبد الرحمن بن صخر على الأصح قال ( كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كبر في الصلاة سكت هنية قبل أن يقرأ فقلت يا رسول الله ما تقول قال أقول اللهم باعد بيني وبين خطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب اللهم نقني من خطاياي كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس اللهم اغسلني من خطاياي بماء الثلج والبرد )

[ Air Sungai ] dan [ Mata Air ] dalam maknanya sama seperti air laut. Sedang [ Air Salju ] dan [Air Embun ] berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah ra. Nama asal Abu Hurairah ra adalah Abdurrahman Bin Shokhar menurut pendapat yang paling benar, ia berkata : “Jika Rasulullah saw bertakbir dalam shalat, maka beliau diam sejenak sebelum membaca surat Al-Fatihah, kemudian aku bertanya (kepada rasulullah saw): “Wahai Rasulullah saw, apa yang kamu baca ketika diam diantara takbir dan memca Al-Fatihah?. Nabi saw menjawab: “Aku membaca : Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat, Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana baju putih yang di bersihkan dari kotoran, Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan yang telah aku perbuat dengan air salju dan embun”.

Tags :

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Macam macam Air"

Posting Komentar